MAKALAH BAHASA ARAB 2
"المعرفة والنكرة"
Lecturer : AHMAD SHOLIHIN, S.Pd.I
Jurusan Tarbiyah
Program Study Pendidikan Bahasa Inggris
DISUSUN OLEH KELOMPOK 3 :
DANNY FERDIANSYAH
DWI MAILIA PUTRI
EKA SRI LESTARI
i
KATA PENGANTAR
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Segala puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahkan hidayah serta
karunia-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan
lancar tanpa halangan yang berarti.
Sholawat serta
salam penulis haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, serta
sahabat-sahabatnya, pengikut-pengikutnya yang setia menyampaikan risalahnya
sampai akhir zaman.
Sehubungan dengan
keterbatasan kemampuan dan ilmu yang dimiliki, maka bila dalam penulisan
makalah ini terdapat kesalahan dan kekeliruan mohon kiranya dapat memberikan
kritik serta saran yang dapat membawa kepada kebaikan. Pada kesempatan ini pula
penulis ucapkan terima kasih kepada Bapak Prabowo Adi Widayat, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah Bahasa
Arab 2 yang telah membimbing penulis hingga terselesaikan makalah yang
sederhana ini. Mudah-mudahan atas bantuan serta bimbingan semua pihak, Allah
SWT akan membalasnya dengan pahala yang setimpal, aamin yaa Rabbal aalamiin.
Akhirnya kepada
Allah SWT penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan
pembaca pada umumnya.
PENULIS
ii
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...........................................................................................
i
KATA PENGANTAR........................................................................................
ii
DAFTAR ISI........................................................................................................
iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang.......................................................................
1
1.2
Rumusan Masalah..................................................................
1
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian dari Isim Ma’rifat dan Isim
Nakirah...................................................................................
2
2.2 Pembagian Isim Ma’rifat dan Isim
Nakirah.......................
3
2.3 Pengaplikasian Isim Ma’rifat dan Isim Nakirah di dalam
bentuk kalimat.......................................................................
6
BAB
III KESIMPULAN DAN
PENUTUP................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA
iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Kaum muslimin memaklumi, bahwa bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an.
Setiap orang muslim yang bermaksud menyelami ajaran Islam yang sebenarnya dan
lebih mendalam, tiada jalan lain kecuali harus mampu menggali dari sumber
asalnya, yaitu Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Oleh karena itu, menurut
kaidah hukum Islam, mengerti akan ilmu Nahwu bagi mereka yang ingin memahami
Al-Qur’an, hukumnya fardhu ‘ain.
Kaidah-kaidah
bahasa Arab dibahas lebih rinci sehingga dapat membantu para pembaca untuk
lebih memahami kaidah-kaidah bahasa Arab dan diharapkan lebih membantu dalam
memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Makalah ini
disajikan dengan tujuan untuk memahami kaidah-kaidah dalam bahasa Arab yang
sesuai dengan sub judulnya. Pada kesempatan kali ini, khususnya penulis akan
membahas materi yang berkaitan tentang isim ma’rifat dan isim nakirah.
Perlunya penulis memaparkan rumusan masalah yang muncul dari materi tersebut,
antara lain :
1. Apa pengertian
dari isim ma’rifat dan isim nakirah?
2. Pembagian dari isim
ma’rifat dan isim nakirah?
3.Pengaplikasian isim
ma’rifat dan isim nakirah di dalam bentuk kalimat?
1
BAB II
PEMBAHASAN MATERI
2.1 Pengertian dari isim ma’rifah dan isim nakirah
Kaidah: القاعدة
المعرفة اسم يدل على شيئ معين
Ma’rifat,
yaitu suatu isim yang menunjukkan pada suatu benda tertentu.
النكرة اسم يدل على شيئ غير معين
Nakirah,
yaitu suatu isim yang tidak menunjukkan pada suatu benda tertentu.[1]
|
Isim itu terbagi
pada nakirah dan ma’rifah.
1. Isim nakirah adalah isim yang pengertiannya tidak tertentu,
seperti :
= seorang manusia, dan
= sebuah pena, (tidak tertentu pena yang mana)
2. Isim ma’rifat adalah isim yang diketahui (difahami) maksudnya.[2]
Isim Ma’rifat
ما دل على معين
Lafadz yang menunjukkan benda tertentu.
Isim Nakirah
والنكرة كل اسم شائع في جنسه لا يختص به واحد دون آخر وتقريبه كل ما صلح
دخول الألف واللام عليه نحوالرجل والغلام
Isim nakirah ialah isim yang jenisnya bersifat umum yang tidak
menentukan sesuatu perkara dan lainnya. Singkatnya ialah, setiap isim yang
layak dimasuki alif dan lam, contoh : الرجل atau الغلام (asalnya رجل
dan غلام).[3]
2.2 Pembagian Isim Ma’rifat dan Isim Nakirah
1. Pembagian Isim Ma’rifat
A. Isim ‘Alam
Kaidah:
القاعدة
العلم اسم معرفة سمى به شخص أومكان أوحيوان أو أي شيئ اخر
Alam,
yaitu isim ma’rifat yang digunakan untuk menamai orang, tempat, hewan, atau
benda-benda lain[4].
|
Dan isim ‘alam itu
terbagi pula pada isim, kunyah dan laqab. Yang dimaksud dengan kunyah yaitu
setiap sebutan nama atau panggilan yang tersusun dari dua kata dengan cara
idhafat. Dan laqab yaitu setiap panggilan yang menunjukkan ketinggian
martabat atau merendahkannya.[5]
B. Isim Dhamir
Isim dhamir yaitu isim kata ganti untuk pembicara atau orang
pertama, dan untuk orang yang diajak bicara atau orang kedua, seperti : انا = saya,
dan انت = engkau
(lk), dan untuk orang ketiga هو = dia
(lk).[6]
Dan dhamir itu terbagi kepada dua bagian, yaitu:
1. Dhamir bariz
2. Dhamir mustatir
Yang dimaksud
dengan dhamir bariz adalah dhamir yang ada bentuknya (berupa lafadz)
seperti ( ت
) pada فهمت . Dan dhamir mustatir adalah dhamir yang tidak ada bentuknya
(tidak tampak berupa lafadz), melainkan hanya dalam pemahaman saja, seperti
dhamir pada fi’il فهم dhamirnya هو
. Dan dhamir bariz itu
terbagi pada munfashil dan muttashil. Dhamir
munfashil yaitu dhamir yang tampak karena berdiri sendiri dalam pengucapan,
seperti انا = saya,
dan نحن = kita.
Dan dhamir muttashil yaitu dhamir yang tampaknya seakan-akan merupakan
bagian atau suku kata dari kata-kata sebelumnya seperti ( ت )
pada فهمت
dan ( ا ) pada فهما
.
C. Isim Mubham
Yang dikehendaki adalah isim isyaroh dan isim maushul, dikarenakan
makna keduanya yang samar (mubham), yang bisa tertentu dengan
melalui isyaroh dan shilah.[7]
1. Isim Isyaroh
Yaitu
isim yang dicetak untuk perkara yang diisyarohi yang tampak dengan jari
(telunjuk) dan sesamanya.
Contoh : هذا,
هذه
, هؤلاء
2. Isim Maushul
Yaitu
isim yang menunjukkan sesuatu/seseorang yang tertentu dengan cara menyebutkan
suatu kalimat sesudahnya yang disebut selatul-maushul.[8]
Dan lafadz-lafadznya adalah :
الذى : yang digunakan untuk seorang
laki atau sesuatu jenis
mudzakkar
اللذان / اللذين : yang digunakan untuk dua orang/benda jenis
mudzakkar
الذين/ الأولى : yang digunakan untuk jama’ manusia
mudzakkar
التى : yang digunakan untuk seorang perempuan atau
sejenis
muannats
اللتان / اللتين : yang digunakan untuk
dua orang/benda jenis muannats
اللاتى / اللائ : yang digunakan untuk jama’ manusia
muannats
D. Isim-isim yang dimasuki أل
Yaitu isim yang dimasuki أل dan
memberikan pengertian ketentuan bagi isim tersebut. Seperti : السيف = pedang
itu
القلم = pena
itu
E. Isim yang di idhofahkan pada isim ma’rifat
Yaitu isim-isim
yang di idhofahkan pada salah satu dari isim-isim ma’rifat yang di muka maka
terjadilah ma’rifat dengan itu :
Contoh:
قلم محمود = Di idhofahkan pada Isim Alam
قلم هذا = Di idhofahkan pada
Isim Isyaroh
قلمك = Di idhofahkan pada
Isim Dhamir
قلم الرجل = Di idhofahkan pada
lafadz yang dimasuki Al
قلم الذى كتب = Di idhofahkan pada Isim Maushul
F. Isim ma’rifat dengan sebab Nida’
Yaitu isim munada’ yang ditentukan maksudnya, maka dengan sebab itu
jadilah isim ma’rifat (isim munada’ yaitu isim yang diseru dengan kata
seru يا ).
Contoh :
يا رجل = Hai! Bung!
يا غلام = Hai nak!
2.3 Pengaplikasian isim ma’rifat dan isim
nakirah didalam bentuk kalimat
A. Contoh-contoh
dari Isim Ma’rifat
1. Contoh dari Isim Alam :
ابو بكر يذهب الى السوق- = Abu bakar sedang pergi ke pasar
هارون الرشيد يشتري الرز- =
Harun Ar-Rasyid sedang membeli beras
6
2. Contoh dari Isim Dhamir :
- انا
موظف = Saya adalah seorang pegawai
- بيتها فسدة
= Rumahnya(pr) itu rusak
3. Contoh dari Isim Mubham
a. Contoh dari
Isim Isyaroh :
- هذا كوب
= Ini adalah sebuah gelas
-
هذه خزانة = Ini adalah sebuah Almari
-
اولاء
الصائمون = Mereka adalah orang-orang yang berpuasa
b. Contoh dari
Isim Maushul :
- اكرم الذى علمك = Muliakanlah orang yang telah
mengajarkan engkau
-
اكرم الذين
علماك = Muliakanlah orang yang telah
mengajarkan engkau
-
اكرم الذين علموك = Muliakanlah orang yang telah
mengajarkan engkau
Dari ketiga
contoh tersebut memiliki arti yang sama, namun berbeda cara penempatan dan
kedudukannya.
4. Contoh dari Isim-isim yang dimasuki أل :
- الدكان فسيح = Toko itu luas
- المستشفى فسدة = Rumah sakit itu rusak
7
5. Contoh dari Isim yang di idhofahkan pada isim ma’rifat
- بيت عائشة ضيقة = Rumah Aisyah itu sempit
- جدار ذلك واسخ = Dinding itu kotor
6. Contoh dari Isim ma’rifat dengan sebab Nida’ :
-
يا احمد ارجع الى بيتك = Hai Ahmad! Pulanglah ke rumahmu!
-
يا فاطمة ا كنسى فناء بيتك = Hai Fatimah! Sapulah Halaman
Rumahmu!
B. Contoh dari
Isim Nakirah :
- ( Didalam
laci itu ada buku) = فى الدرج كتاب
- ( Seorang
laki-laki menanyakan ayahku) = سأل رجل عن والدى
- ( Muhammad
merobek kertas ) = مزق محمد ورقة
Keterangan :
Apabila kita perhatikan setiap isim dalam kalimat-kalimat di atas,
kita akan melihat bahwa kata كتاب (buku),
رجل (seorang
laki-laki), ورقة
(kertas), ia tidak menunjukkan
kepada benda tertentu yang sudah kita kenal. Isim seperti ini disebut dengan Isim
Nakirah.
8
BAB III
KESIMPULAN DAN PENUTUP
Isim Ma’rifat, yaitu suatu isim yang menunjukkan pada suatu benda
tertentu yang bersifat khusus, dan Isim Nakirah, yaitu suatu isim yang tidak
menunjukkan pada suatu benda tertentu yang bersifat umum. Di samping itu,
macam-macam Isim Ma’rifat dan Isim Nakirah antara lain:
Isim Ma’rifat terbagi menjadi 7 macam, yaitu: Isim Alam, Isim
Isyaroh, Isim Maushul, Isim Dhamir, Isim-isim yang dimasuki Alif dan Lam, Isim
yang di idhofahkan pada isim ma’rifat dan Isim Ma’rifat dengan sebab Nida’. Dan
Isim Nakirah tidak ada pembagiannya atau macam-macamnya.
Akhirnya, penulis pribadi megucapkan terima kasih kepada Allah SWT,
dan kepada Bapak Prabowo Adi Widayat, M.Pd.I selaku dosen pengampu yang
telah membimbing penulis dalam membuat makalah yang sederhana ini. Dan penulis
berharap kritikan serta saran dari dosen pengampu maupun dari pembaca itu
sendiri. Tentunya kritikan yang membangun dan membawa kepada kebaikan bagi
penulis.
9
DAFTAR PUSTAKA
-
Thalib,
Drs. Muhammad, Tata Bahasa Arab 2 Terjemah ANNAHWUL WADHIH Ibtidaiyyah,
(Bandung:PT Al Ma’arif), 2002
-
Umam,
Prof. Dr. H. Chatibul dkk, Kaidah Tata Bahasa Arab, (Jakarta:Darul Ulum
Press), 2010
-
Anwar,
K.H. Muhammad, Ilmu Nahwu, (Bandung:Penerbit Sinar Baru Algensindo), 2009
-
Shofwan,
M.Sholihuddin, Pengantar Memahami Al-Jurumiyyah, (Lirboyo:Darul Hikmah),
1999
-
Syaekhuddin,
Ahmad dkk, Belajar Bahasa Arab, (Jakarta:Penerbit Erlangga), 2009
10
[1]Thalib, Drs.
Muhammad, Tata Bahasa Arab 2 Terjemah ANNAHWUL WADHIH Ibtidaiyyah,
(Bandung:PT Al Ma’arif), 2002, hlm. 191
[2] Umam, Prof.
Dr. H. Chatibul dkk, Kaidah Tata Bahasa Arab, (Jakarta:Darul Ulum
Press), 2010, hlm. 182
2
[3] Anwar, K.H.
Muhammad, Ilmu Nahwu, (Bandung:Penerbit Sinar Baru Algensindo), 2009,
hlm. 108
[4] Opcit., hlm.
195
[6] Opcit., hlm.
183
[7] Shofwan,
M.Sholihuddin, Pengantar Memahami Al-Jurumiyyah, (Lirboyo:Darul Hikmah),
1999, hlm. 120
4
[8] Opcit., hlm.
196
5
No comments:
Post a Comment