Disusun Oleh:AHMAD SHOLIHIN, S.Pd.I
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan
Jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan
secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan,
kebugaran jasmani, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional,
keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas
jasmani dan olahraga.
Di dalam
intensifikasi penyelengaraan pendidikan sebagai suatu proses pembinaan
manusia yang berlangsung seumur hidup, peranan Pendidikan Jasmani adalah
sangat penting, yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat
langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani,
bermain dan olahraga yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan
pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina, sekaligus membentuk gaya
hidup sehat dan aktif sepanjang hayat.
Pendidikan
Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan
motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, penalaran, penghayatan nilai
(sikap-mental-emosional-spiritual-sosial), dan pembiasaan pola hidup
sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang
seimbang.
Dengan
Pendidikan Jasmani siswa akan memperoleh berbagai ungkapan yang erat
kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan serta berbagai ungkapan
yang kreatif, inovatif, terampil, memiliki kebugaran jasmani, kebiasaan
hidup sehat dan memiliki pengetahuan serta pemahaman terhadap gerak
manusia.
Dalam
proses pembelajaran Pendidikan Jasmani guru diharapkan mengajarkan
berbagai keterampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan dan
olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur, kerjasama, dan
lain-lain) serta pembiasaan pola hidup sehat. Pelaksanaannya bukan
melalui pengajaran konvensional di dalam kelas yang bersifat kajian
teoritis, namun melibatkan unsur fisik, mental, intelektual, emosi dan
sosial. Aktivitas yang diberikan dalam pengajaran harus mendapatkan
sentuhan didaktik-metodik, sehingga aktivitas yang dilakukan dapat
mencapai tujuan pengajaran.
Tidak ada
pendidikan yang tidak mempunyai sasaran paedagogis, dan tidak ada
pendidikan yang lengkap tanpa adanya Pendidikan Jasmani, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia
dan dirinya sendiri yang secara alamiah berkembang searah dengan
perkembangan zaman.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apa pengertian dari Pendidikan Jasmani dan Rekreasi?
1.2.2 Apa fungsi dari Pendidikan Jasmani dan Rekreasi?
1.2.3 Bagaimana peranan serta tujuan dari Pendidikan Jasmani dan Rekreasi?
1.2.4 Bagaimana Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani?
1.2.5 Siapa yang menjadi sasaran Rekreasi Olahraga?
1.2.6 Apa perbedaan dari Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Olahraga?
1.2.7 Apa saja jenis- jenis dari rekreasi?
1.2.8 Apa saja permainan tradisional yang juga merupakan rekreasi olahraga?
1.3 Tujuan dan Manfaat
1.3.1 Memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
1.3.2 Mengetahui serta memahami arti dari Pendidikan Jasmani dan Rekreasi.
1.3.3 Mengetahui serta dapat memahami fungsi dari Pendidikan Jasmani dan Rekreasi.
1.3.4 Mengetahui bagaimana peranan serta tujuan dari Pendidikan Jasmani dan rekreasi.
1.3.5 Mengetahui bagaimana ruang lingkup dari Pendidikan Jasmani.
1.3.6 Dapat mengetahui siapa yang menjadi sasaran dari rekreasi olahraga.
1.3.7 Mengetahui perbedaan dari Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Olahraga.
1.3.8 Mengetahui berbagai macam jenis- jenis dalam rekreasi.
1.3.9 Dapat mengetahui berbagai macam permainan tradisional yang juga merupakan rekreasi olahraga.
BAB II
ISI
ISI
2.1 Pengertian
Pendidikan Jasmani
Pendidikan
jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun
anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui
berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan
jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak
Pendidikan
jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan
aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas
individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional
Pendidikan Rekreasi Olahraga
Rekreasi,
dari bahasa Latin, re-creare, yang secara harfiah berarti ‘membuat
ulang’, adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani
dan rohani seseorang. Hal ini adalah sebuah aktivitas yang dilakukan
seseorang selain pekerjaan. Kegiatan yang umum dilakukan untuk rekreasi
adalah pariwisata, olahraga, permainan, dan hobi.Kegiatan rekreasi
umumnya dilakukan pada akhir pekan. Secara umum rekreasi dapat dibedakan
dalam dua golongan besar, yaitu rekreasi pada tempat tertutup (indoor
recreation) dan rekreasi di alam terbuka (outdoor recreation). Kamus
Webster mendefinisikan rekreasi sebagai “sarana untuk menyegarkan
kembali atau hiburan” (a means of refreshmnet or diversion). Rekreasi
dapat dinikmati, menyenangkan, dan bisa pula tanpa membutuhkan biaya.
Rekreasi memulihkan kondisi tubuh dan pikiran, serta mengembalikan
kesegaran. Rekreasi adalah “kegiatan atau pengalaman sukarela yang
dilakukan seseorang di waktu luangnya, yang memberikan kepuasan dan
kenikmatan pribadi.” Meyer, Brightbill, dan Sessoms. Berdasarkan
peninjauan secara terminologi keilmuan, REKREASI berasal dari dua kata
dasar yaitu RE dan KREASI, yang secara keseluruhan berarti kembali
menggunakan daya pikir untuk mencapai kesenangan atau kepuasan melalui
suatu kegiatan. Kamus Webster mendefinisikan rekreasi sebagai “sarana
untuk menyegarkan kembali atau hiburan” (a means of refreshmnet or
diversion).
Olaharaga rekreasi adalah jenis kegiatan olahraga yang dilakukan pada waktu senggang atau waktu-waktu luang.
- Menurut Kusnadi (2002:4) Pengertian Olahraga Rekreasi adalah olahraga yang dilakukan untuk tujuan rekreasi.
- Menurut Haryono (19978:10) Olahraga rekreasi adalah kegiatan fisik yang dilakukan pada waktu senggang berdsarkan keingginan atau kehendak yang timbul karena memberi kepuasan atau kesenangan.
- Menurut Herbert Hagg (1994) “Rekreational sport /leisure time sports are formd of physical activity in leisure under a time perspective. It comprises sport after work, on weekends, in vacations, in retirement, or during periods of (unfortunate) unemployment”.
- Menurut Nurlan Kusmaedi (2002:4) olahraga rekreasi adalah kegiatan olahraga yang ditujukan untuk rekreasi atau wisata.
- Menurut Aip Syaifuddin (Belajar aktif Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SMP, Jakarta, Grasindo.1990) Olahraga rekreasi adalah jenis kegiatan olahraga yang dilakukan pada waktu senggang atau waktu-waktu luang.
2.2 Tujuan
Pendidikan Jasmani
1.
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan
pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.
Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi
nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih
sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola
hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Pendidikan Rekreasi Olahraga
Tujuan rekreasi olahraga adalah
- Pengisi waktu luang
- Pelepas lelah, kebosanan dan kepenatan
- Sebagai imbangan subsisten activity (kegiatan pengganti/pelengkap), contoh pendidikan dan pekerjaan/bekerja
- Sebagai pemenuh fungsi sosial (fungsi sosial ini dilakukan untuk kegiatan berkelompok serta rekreasi aktif).
- Untuk memperoleh kesegaran jasmani dengan olahraga yang menyenangkan
- Memperoleh kesenangan dengan cara berolahraga
- Memperkenalkan olahraga bahwa olahraga itu menyenangkan
2.3 Fungsi dan Peranan
Pendidikan Jasmani
Fungsi Pendidikan Jasmani adalah:
a. Aspek organik
1)
Menjadikan fungsi sistem tubuh menjadi lebih baik sehingga individu
dapat memenuhi tuntutan lingkungannya secara memadai serta memiliki
landasan untuk pengembangan keterampilan
2) Meningkatkan kekuatan yaitu jumlah tenaga maksimum yang dikeluarkan oleh otot atau kelompok otot
3) Meningkatkan daya tahan yaitu kemampuan otot atau kelompok otot untuk menahan kerja dalam waktu yang lama
4)
Meningkatkan daya tahan kardiovaskuler, kapasitas individu untuk
melakukan aktivitas yang berat secara terus menerus dalam waktu relatif
lama
5)
Meningkatkan fleksibelitas, yaitu; rentang gerak dalam persendian yang
diperlukan untuk menghasilkan gerakan yang efisien dan mengurangi
cidera.
b. Aspek neuromuskuler
1) Meningkatkan keharmonisan antara fungsi saraf dan otot
2)
Mengembangkan keterampilan lokomotor, seperti; berjalan, berlari,
melompat, meloncat, meluncur, melangkah, mendorong,
menderap/mencongklang, bergulir, dan menarik
3)
Mengembangkan keterampilan non-lokomotor, seperti; mengayun, melengok,
meliuk, bergoyang, meregang, menekuk, menggantung, membongkok
4)
Mengembangkan keterampilan dasar manipulatif, seperti; memukul,
menendang, menangkap, berhenti, melempar, mengubah arah, memantulkan,
bergulir, memvoli
5) Mengembangkan faktor-faktor gerak, seperti; ketepatan, irama, rasa gerak, power, waktu reaksi, kelincahan
6)
Mengembangkan keterampilan olahraga, seperti; sepak bola, soft ball,
bola voli, bola basket, baseball, atletik, tennis, beladiri dan lain
sebagainya
7) Mengembangkan keterampilan rekreasi, seperti, menjelajah, mendaki, berkemah, berenang dan lainnya.
c. Aspek perseptual
1) Mengembangkan kemampuan menerima dan membedakan isyarat
2)
Mengembangkan hubungan-hubungan yang berkaitan dengan tempat atau ruang,
yaitu kemampuan mengenali objek yang berada di: depan, belakang, bawah,
sebelah kanan atau sebelah kiri dari dirinya
3)
Mengembangkan koordinasi gerak visual, yaitu; kemampuan
mengkoordinasikan pandangan dengan keterampilan gerak yang melibatkan
tangan, tubuh, dan atau kaki
4) Mengembangkan keseimbangan tubuh (statis, dinamis), yaitu; kemampuan mempertahankan keseimbangan statis dan dinamis
5) Mengembangkan dominansi (dominancy), yaitu; konsistensi dalam menggunakan tangan atau kaki kanan/kiri dalam melempar atau menendang
6) Mengembangkan lateralitas (laterality), yaitu; kemampuan membedakan antara sisi kanan atau sisi kiri tubuh dan diantara bagian dalam kanan atau kiri tubuhnya sendiri
7) Mengembangkan image tubuh (body image), yaitu kesadaran bagian tubuh atau seluruh tubuh dan hubungannya dengan tempat atau ruang.
d. Aspek kognitif
1) Mengembangkan kemampuan menggali, menemukan sesuatu, memahami, memperoleh pengetahuan dan membuat keputusan
2) Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan, keselamatan, dan etika
3) Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi
4) Meningkatkan pengetahuan bagaimana fungsi tubuh dan hubungannya dengan aktivitas jasmani
5)
Menghargai kinerja tubuh; penggunaan pertimbangan yang berhubungan
dengan jarak, waktu, tempat, bentuk, kecepatan, dan arah yang digunakan
dalam mengimplementasikan aktivitas dan dirinya
6) Meningkatkan pemahaman tentang memecahkan problem-problem perkembangan melalui gerakan.
e. Aspek sosial
1) Menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan dimana berada
2) Mengembangkan kemampuan membuat pertimbangan dan keputusan dalam situasi kelompok
3) Belajar berkomunikasi dengan orang lain
4) Mengembangkan kemampuan bertukar pikiran dan mengevaluasi ide dalam kelompok
5) Mengembangkan kepribadian, sikap, dan nilai agar dapat berfungsi sebagai anggota masyarakat
6) Mengembangkan rasa memiliki dan rasa diterima di masyarakat
7) Mengembangkan sifat-sifat kepribadian yang positif
belajar menggunakan waktu luang yang konstruktif
9) Mengembangkan sikap yang mencerminkan karakter moral yang baik.
f. Aspek emosional
1) mengembangkan respon yang sehat terhadap aktivitas jasmani
2) mengembangkan reaksi yang positif sebagai penonton
3) melepas ketegangan melalui aktivitas fisik yang tepat
4) memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas
5) menghargai pengalaman estetika dari berbagai aktivitas yang relevan.
Pendidikan Rekreasi Olahraga
Menurut
Krippendorf (1994), kegiatan rekreasi merupakan salah satu kegiatan yang
dibutuhkan oleh setiap manusia. Kegiatan tersebut ada yang diawali
dengan mengadakan perjalanan ke suatu tempat. Secara psikologi banyak
orang di lapangan yang merasa jenuh dengan adanya beberapa kesibukan dan
masalah, sehingga mereka membutuhkan istirahat dari bekerja, tidur
dengan nyaman, bersantai sehabis latihan, keseimbangan antara
pengeluaran dan pendapatan, mempunyai teman bekerja yang baik, kebutuhan
untuk hidup bebas, dan merasa aman dari resiko buruk. Melihat beberapa
pernyataan di atas, maka rekreasi dapat disimpulkan sebagai suatu
kegiatan yang dilakukan sebagai pengisi waktu luang untuk satu atau
beberapa tujuan, diantaranya untuk kesenangan, kepuasan, penyegaran
sikap dan mental yang dapat memulihkan kekuatan baik fisik maupun
mental.
Banyak
nilai yang dapat diperoleh dari rekreasi dengan menggunakan dasar
persekutuan. Ketegangan dapat dilepaskan dan energi yang ada dapat
digunakan dengan cara-cara yang berguna. Anak-anak dapat diajari
bagaimana berolah raga dalam berbagai kegiatan sehingga kemampuan
individu dapat dibangun dan ditingkatkan melalui rekreasi. Anak-anak
perlu belajar berelasi dengan orang lain di arena bermain sebagaimana di
dalam kelas atau rumah. Kreativitas dapat ditingkatkan dan dibangun,
dan cara-cara baru untuk melakukannya dapat diperkenalkan. Salah satu
manfaat penting dari rekreasi adalah dalam pembentukan karakter/sifat.
Telah dikatakan bahwa “anak-anak belajar melalui bermain”. Melalui suatu
program rekreasi yang telah disusun dan direncanakan dengan baik,
anak-anak dapat belajar untuk menikmati penggunaan waktu sebaik-baiknya.
Tantangan pada pengajaran yang efektif dengan menggunakan latar alami
amat tidak terbatas bagi para pemimpin dan para guru.
Secara lebih spesifik peranan rekreasi dalam kehidupan sosial dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
- Mengembangkan rasa menghargai dan mencintai lingkungan serta melestarikannya.
- Mengembangkan pengertian dan kemampuan serta pemahaman akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan menggunakannya secara bijaksana.
- Menggugah kesadaran manusia akan pentingnya membina hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya serta agar semakin mengenal sifat ataupun karakternya.
- Membantu mengembangkan secara positif tingkah laku serta hubungan sosial kepada individu.
- Membantu mengembangkan ilmu pengetahuan tentang praktek lingkungan yang sehat.
- Membantu membuat pelajaran di kelas agar menjadi lebih berarti melalui pengalaman langsung di lapangan.
- Membuka peluang membangun kerjasama antar masyarakat sekolah dengan organisasi pelayanan rekreasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
- Menumbuhkan dan atau memperkuat rasa percaya diri dan harga diri yang merupakan pondasi yang kuat untuk menumbuhkan “self concept”.
- Mempererat persaudaraan dan tumbuhnya saling mendukung diantara anggota kelompok .
- Menambah atau meningkatkan keterampilan dan koordinasi.
- Menambah kesenangan pribadi serta rasa kebersamaan antara anggota kelompok.
- Mendidik seseorang untuk dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif dalam arti, tidak merugikan dirinya sendiri, orang lain, atau lingkungan/alam dan sebaliknya mencegah munculnya kegiatan negatif, seperti penggunaan narkoba, vandalisme kegiatan destruktif, dan kegiatan negatif lain yang sejenis.
- Mengembangkan budaya hidup sehat, baik untuk pribadi maupun untuk orang lain dan atau lingkungan alamnya.
2.4 Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani
1.Permainan
dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi
gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik,
kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis
meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas
lainnya
2.
Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen
kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3.
Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat,
ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5.Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6.Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7.Kesehatan,
meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,
khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat
lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan
aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek
tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
2.5 Sasaran Rekreasi Olahraga
Sasaran
rekreasi olahraga yaitu semua kalangan masyarakat, olahraga sesuai
dengan usia contoh hiking dilakukan oleh anak usia dewasa bukan
dilakukan untuk anak kecil. Dan untuk anak kecil dapat disesuaikan
dengan gerak yang dibutuhkan usia anak kecil.
1. Rekreasi sosial
Permainan di dalam ruangan
(acara
icebreaker, kursi musik, papan permainan, permainandengan tulisan,
permainan musikal) permainan di luar ruangan (lari estafet, balapan,
kejar- kejaran)makan bersama (perjamuan, makanan pencuci mulut/makanan
kecil, piknik, makananseadanya, makan malam).
Rekreasi di luar ruangan
kegiatan
di alam (melihat burung-burung, jalan-jalan di perkebunan, mendaki
gunung)olah raga (badminton, sepakbola, basket, bersepeda, berenang,
mendaki, memancing, berkuda, berburu, dll.)
2. Rekreasi budaya dan kreatif
a. Drama (tebak kata, role play, cerita drama, dll.)
b. Bercerita (cerita lucu, cerita horor, cerita sesuai waktu, cerita sekuler)
c. Literatur (puisi, membaca Alkitab, membaca cerita)
d. Audiovisual (film, TV, Video)
e. Seni dan kerajinan (membuat gambar, kerajinan dari barang bekas, menempel, melukis, kerajinan dari kertas, dll).
f. Membuat tulisan kreatif, drama, musik, dll.
g. kegiatan permainan, olah raga, jalan-jalan.
h. Belajar (jalan-jalan di perkebunan, museum, dll.)
2.6 Perbedaan Makna Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Olahraga
Salah satu
pertanyaan yang sering diajukan oleh guru-guru penjas belakangan ini
adalah : “Apakah pendidikan jasmani?” Pertanyaan yang cukup aneh ini
justru dikemukakan oleh yang paling berhak menjawab pertanyaan tersebut.
Hal
tersebut mungkin terjadi karena pada waktu sebelumnya guru itu merasa
dirinya bukan sebagai guru penjas, melainkan guru pendidikan olahraga.
Perubahan pandangan itu terjadi menyusul perubahan nama mata pelajaran
wajib dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, dari mata pelajaran
pendidikan olahraga dan kesehatan (orkes) dalam kurikulum 1984, menjadi
pelajaran “pendidikan jasmani dan kesehatan” (penjaskes) dalam
kurikulum1994.
Perubahan
nama tersebut tidak dilengkapi dengan sumber belajar yang menjelaskan
makna dan tujuan kedua istilah tersebut. Akibatnya sebagian besar guru
menganggap bahwa perubahan nama itu tidak memiliki perbedaan, dan
pelaksanaannya dianggap sama. Padahal muatan filosofis dari kedua
istilah di atas sungguh berbeda, sehingga tujuannya pun berbeda pula.
Pertanyaannya, apa bedanya pendidikan olahraga dengan pendidikan jasmani
?
Pendidikan
jasmani berarti program pendidikan lewat gerak atau permainan dan
olahraga. Di dalamnya terkandung arti bahwa gerakan, permainan, atau
cabang olahraga tertentu yang dipilih hanyalah alat untuk mendidik.
Mendidik apa ? Paling tidak fokusnya pada keterampilan anak. Hal ini
dapat berupa keterampilan fisik dan motorik, keterampilan berpikir dan
keterampilan memecahkan masalah, dan bisa juga keterampilan emosional
dan sosial.
Karena
itu, seluruh adegan pembelajaran dalam mempelajari gerak dan olahraga
tadi lebih penting dari pada hasilnya. Dengan demikian, bagaimana guru
memilih metode, melibatkan anak, berinteraksi dengan murid serta
merangsang interaksi murid dengan murid lainnya, harus menjadi
pertimbangan utama
2.7 Jenis- Jenis Rekreasi
Rekreasi
mencakup lebih dari sekedar permainan-permainan. Meskipun
peristiwa-peristiwa di udara terbuka seperti olahraga, berkemah, dan
jalan lintas alam itu penting, pertemuan-pertemuan ramah-tamah seperti
pesta dan piknik juga harus dipertimbangkan. Rekreasi juga termasuk
beberapa kegiatan ekspresif yang berlangsung dalam lingkungan departemen
dan yang langsung bertalian dengan tema pelajaran seperti drama,
sastra, bercerita, kesenian,dan pekerjaan tangan serta bermacam-macam
hobi. conttoh pemainannya bisa saja bola kasti juga.
1. Pariwisata atau turisme
adalah
suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga
persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.Seorang wisatawan atau
turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80
km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi
oleh Organisasi Pariwisata Dunia. Definisi yang lebih lengkap, turisme
adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi;
jasa keramahan-tempat tinggal, makanan, minuman; dan jasa bersangkutan
lainnya seperti bank ,asuransi, keamanan, dll.
Dan juga
menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan
pengalaman baru dan berbeda lainnya. Banyak negara, bergantung banyak
dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk
perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu
pengembangan industri pariwisata ini adalah salahsatu strategi yang
dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintahuntuk mempromosikan wilayah
tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui
penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
2. Olahraga
adalah
aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani
tetapi juga rohani (misalkan olahraga tradisional dan modern).
3. Permainan
Merupakan
sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu
luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri
atau bersama-sama. Permainan ada tingkatannya berdasarkan umur, ada
permainan anak dan ada permainan dewasa. Ada juga permainanuntuk umum
yaitu permainan computer.
4. Hobi
adalah
kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktuluang untuk menenangkan
pikiran seseorang. Kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa
Inggris “Hobby”. Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan
mendapatkan kesenangan. Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti
mengumpulkan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan
pendidikan dewasa.
Rekreasi
sangat beragam, sama seperti orang-orang yang berpartisipasi di
dalamnya.Berikut ini beberapa kategori umum dengan kegiatan spesifik
yang dapat digunakandalam berekreasi bersama anak-anak.
No comments:
Post a Comment